Saturday, 27 June 2020

Update - Sistem Pasang Surut Tanpa Media Kerikil

Setelah melakukan percobaan penanaman seperti selada, sawi, kailan di sistem pasang surut tanpa media (kerikil) ternyata hasilnya sangat memuaskan. Tanaman tumbuh merata dengan tidak ada tanda-tanda kekurangan nutrisi. Memang ada beberapa tanaman merana tapi setelah diamati akhirnya ditemukan permasalahannya.
Permasalahan dari tanaman yang pertumbuhan kurang baik akibat penyangga yang melengkung sehingga media rockwool saat pasang menjadi terendam sepenuhnya sehingga menjadi sangat jenuh. Permasalahan kita atasi dengan menaikkan rockwool dan bagian bawah kita isi dengan genting. Beberapa hari kemudian tanaman kembali normal akar tumbuh dengan cepat, walau pertumbuhan sudah terlambat tapi tidak masalah yang penting kita bisa menemukan solusi dari permasalahan yang kita dapat.


Kailan dan Selada



Akar kembali tumbuh normal.


Cara mengatasi dengan memberi genting bagian bawah, dan rockwool kita letakkan diatasnya. Dengan cara itu rockwool tetep basah karena bersentuhan dengan pecahan genting tetapi tidak terlalu basah.



Selada tumbuh subur.


Selada red rapid yang kita tanam sebenarnya hanya pindahan dari model tower, tapi kita hentikan. Awalnya memang terlihat merana, tapi ternyata seiring waktu pertumbuhannya sangat bagus bahkan rasanya sangat renyah.
Belajar dari kasus sebelumnya, akhirnya kita menanam sawi dengan cara meletakkan rockwool diatas genting supaya rockwool tidak terlalu basah. Dan hasilnya sawi sama sekali tidak ada tanda-tanda kuning kurang nutrisi atau kerdil tapi bisa tumbuh normal.



Sawi tumbuh subur, walau masih muda


Dan untuk kailan, semua akhirnya tumbuh baik, jika daun sedikit menguning karena memang akhir-akhir ini ikan kita panen terutama yang besar-besar untuk membuat burger ikan akuaponik merintis usaha keluarga.


Kailan tumbuh baik




Lele ukuran 1,1 kg



Patin akuaponik pun bisa 1 kg umur 7-8 bulan.


Roti burger pun kita buat sendiri.



Burger Wana Wana Spesial Akuaponik



Wana Wana pun memulai untuk merintis usaha dari hasil akuaponik. Ikan akuaponik kita manfaatkan untuk isian burger begitu juga untuk sayuran selada. Memang dari dulu saya ingin menjual hasil panenan tapi tidak bentuk mentah supaya memiliki nilai tambah.
 
Sekian dulu cerita dari Wana Wana semoga bermanfaat.

Jangan lupa ikuti channel youtube kita 'Wana Wana'.





Salam Akuaponik Keluarga

Wana Wana

 

No comments:

Post a comment