Sunday 29 October 2017

Mentimun Akuaponik Tak Kunjung Berbuah.

Sejak eyang tinggal bersama kami, kami sering menyantap mentimun 'didampingi' sambal plecing. Rasanya memang mantap kolaborasi mentimun dan sambal plecing, terkadang kami sampai kepedasan karena terlalu banyak memakannya. Mentimun yang sering kami makan jenis mentimun yang kecil, bentuk dan warnanya sama dengan mentimun pada umumnya hanya ukurannya saja yang kecil. Karena sering memakannya, terfikir oleh kami untuk menanam sendiri dengan sistem akuaponik
Kami mencoba mencari bibit timun mini/kecil di toko pertanian di daerah Wirobrajan, Yogyakarta  dan ternyata ada. Setelah bibit didapat, biji kami semai di growbed secara langsung dengan media pasir malang, ada beberapa kami tanam di akuaponik kolam koi dan 1 lagi di akuaponik ibc dengan sistem aliran atas.
Melihat pertumbuhan mentimun di awal memang menyenangkan tapi sayang tanaman di akuaponik kolam koi pertumbuhannya terhambat seperti terserang penyakit. Sebaliknya tanaman mentimun di akuaponik ibc justru tumbuh subur. 



Tanaman mentimun di akuaponik ibc.


Bunga mulai bermunculan, hampir di setiap ketiak daun, warnanya kuning seperti terompet mirip bunga pare dan gambas. Di setiap bunga ada bakal buah yang jika penyerbukan berhasil akan menjadi buah mentimun. Selama bunga bermunculan, lebah mulai berdatangan mendekati bunga mentimun.
Setiap hari selalu dipantau perkembangannya terutama setelah bermunculan bunga, tapi sayang bunga yang sudah mekar kemudian layu dan bakal buahnya pun mulai berubah warna menjadi kecoklatan dan akhirnya rontok. Dari sekian banyak bunga satu pun tidak ada yang berhasil.
Karena penasaran, saya mencoba membaca banyak artikel tentang mentimun di internet. Ternyata sama seperti pare, dalam satu tanaman ada bunga jantan dan bunga betina, bunga betina memiliki bakal buah sedangkan bunga jantan tidak. 




Berbekal dari membaca, saya semakin penasaran mengapa tak ada satupun yang berhasil, satu persatu bunga saya 'pelototi'... Dan ternyata... setelah dihitung ada sekitar 60 bunga lebih, semua adalah bunga betina, kemana bunga jantan...???


Bunga betina

Rasa penasaran akhirnya terjawab, mengapa buah mentimun tidak muncul muncul juga, rupanya dari semua bunga yang ada adalah betina. Dimanakah bunga jantan,  pertanyaan yang masih belum terjawab, padahal ada salah satu artikel yang menyebutkan bahwa bunga jantan lebih banyak dari bunga betina, tapi ini malah sebaliknya. Semoga ada pembaca yang bisa menjawabnya...


Trimakasih
Wana Wana

No comments:

Post a Comment